Teknologi Pendidikan atau Teknologi Pembelajaran

Teknologi Pendidikan atau Teknologi Pembelajaran

Teknologi pembelajaran & teknologi pendidikan, 2 celoteh yg terkadang memproduksi kita gundah, apakah celoteh itu sama ataukah tidak sinkron. Banyak kalangan yg menyebutnya sebagai suatu celoteh yg bisa dipergunakan secara bergantian dalam lingkup pengertian yg sama. Namun tidak sporadis orang yg mengira keduanya sebagai celoteh yg tidak sinkron beserta alasannya masing-masing. Lalu sebenarnya, beda atau sama sih?...

Dilihat dari pengertian celoteh pendidikan & pembelajaran yg membuat celoteh tadi tentu tidak sinkron, dari UU No. 20 tahun 2003 perihal Sisdiknas, Pendidikan ialah bisnis sadar & bersiklus buat mewujjudkan suasana belajar & proses pembelajaran agar murid secara aktif membuatkan potensi dirinya ., sedangkan Pembelajaran ialah proses korelasi murid beserta pendidik & asal belajar kepada suatu lingkungan belajar.

Bika diartikan dari istilahnya secara awam, secara konseptual teknologi pendidikan didefinisikan sebagai teori & praktik dalam desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, evaluasi, & penelitian proses, asal, & sistem buat belajar. Definisi tadi mengandung pengertian adanya komponen dalam pembelajaran, yaitu teori & praktik; desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, evaluasi, & penelitian; proses, asal, & sistem; & buat belajar. Jadi celoteh teknologi pendidikan lebih luas cakupannya dibandingkan beserta teknologi pembelajaran. Teknologi pendidikan meliputi sistem lain yg dipergunakan dalam proses membuatkan kemampuan insan.

Sedangkan teknologi pembelajaran adalah suatu bidang kajian spesifik ilmu pendidikan beserta objek formal belajar kepada insan secara individu juga gerombolan. Hal ini karena belajar nir hanya berlangsung dalam lingkup sekolah, melainkan jua kepada organisasi contohnya keluarga, rakyat, global bisnis, bahkan pemerintahan. Belajar bisa kepada mana saja, kapan saja & siapa saja, mengenai apa saja, beserta cara & asal apa saja yg didasarkan  beserta syarat & kebutuhan.

Istilah teknologi pembelajaran meliputi banyaknya lingkungan pemanfaatan yg menandakan fungsi teknologi dalam pendidikan secara lebih mutlak; bisa merujuk baik kepada belajar juga pembelajaran; & pemecahan masalah belajar/fasilitas pembelajaran, teknologi pembelajaran adalah suatu bidang penemuan dalam bidang pendidikan.

Adanya disparitas celoteh yg dipergunakan memang tidak sporadis mengakibatkan dilema aneka macam kalangan. Penggunaan celoteh pendidikan & pembelajaran sang masing-masing kalangan memiliki alasan tersendiri. Seperti pendidikan membantu mempertahankan penekanan yg lebih luas buat bidang teknologi pembelajaran, & pembelajaran lebih berkonotasi kepada lingkungan belajar buat masing-masing objeknya.

Perbedaan bukanlah hal yg bisa membuahkan suatu perpecahan dalam dikategorikan dari masing-masing istiah tadi. Istilah tadi permanen akan terpakai didasarkan  beserta tujuan dari masing-masing penggunaannya. Karena teknologi pembelajaran adalah bagian dari teknologi pendidikan, dalam pengertian bahwa teknologi pembelajaran adalah bentuk operasional dari teknologi pendidikan.

Namun timbul sisi lain yg jua perlu kita ketahui, bahwa teknologi pendidikan juga teknologi pembelajaran adalah suatu bidang/disiplin ilmu yg perlu kita pelajari & pahami beserta bijak. Karena keduanya menggunakan pendekatan sistem yg holistk & komprehensif, bukan pendekatan yg bersifat parsial.

Nah, sebagai calon pengajar sekolah dasar, dari aku penerapan teknologi pembelajaran lebih mutlak kita pakai & kita pakai, karena kita lebih penekanan terhadap kegiatan belajar mengajar baik kepada kelas juga kepada luar kelas. Yang tentunya menuntut kita buat menyiapkan insan-insan yg bisa hayati kepada era baru dimana peranan teknologi nir bisa kita pungkiri lagi. Namun kita pun permanen mengacu kepada sistem pendidikan yg telah ditetapkan agar tujuan pendidikan nasional bisa kita capai.

Menurut Knda???.............

0 Response to "Teknologi Pendidikan atau Teknologi Pembelajaran"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel