Teknik Penilaian Menurut BSNP

Untuk memperoleh data tentang proaes dan hasil belajar peserta didik, pendidik dapat menggunakan berbagai teknik penilaian secara komplementer sesuai dengan kompetensi yang dinilai. Menurut pedoman umum BSNP, teknik penilaian yang digunakan, antara lain:

  1. Tes kinerja. Tes ini dapat menggunakan berbagai bentuk, sepertibtes keterampilan tertulis, tes identigikasi, tes simulasi, uju petik kerja dan sebagainya. Melalaui tes kinerja ini, peserta didik mendemotrasikan unjuk kerja sebagai perwujudan kompetensi yang telah dikuasaunya. 
  2. Demonstrasi. Teknik ini dapat dilakukan dengan cara mengumpulkan data kuantitatif dan kualitatif sesuai dengan kompetensi yang dinilai. 
  3. Observasi. Teknik ini dapat dilakukan secara formal maupun informal. Secara formal, observasi dilakukan dengan menggunakan instrumen yang sengaja dirancang untuk mengamati unjuk kerja dan kemajuan belajar peserta didik. Secara informal, observasi dilakukan oleh pendidikan tanpa menggunakan instrumen. 
  4. Penugasan. Teknik ini dapat dilakukan dengan model proyek yang berupa sejumlah kegiatan yang dirancang, dilakukan dan diselesaiakan oleh peserta didik di luar kegiatan kelas dan harus dilaporkan baik secara tertulis maupun lisan. Penugasan ini dapat pula berbentuk tugas rumah yang harus diselesaikan peserta didik. 
  5. Portopolio. Teknik ini dilakukan dengan cara mengumpulkan dokumen dan karya-karya peserta didik dalam karya tertentu yang diorganisasikan untuk mengetahui minat. Perkembangan belajar, dan prestasi belajar. 
  6. Tes tertulis. Teknik ini dapat dilakukan dengan cara uraian (essay) maupun objektif, seperti : benar-salah, pilihan ganda, menjodohkan, dan melengkapi. 
  7. Tes lisan. Teknik ini menuntut jawaban lisan dari pesrta didik. Untuk itu, dalam pelaksanaanya pendidik harus bertatap muka secara langdung dengan peserta didik. Pendidik harus membuat daftar pertanyaan dan pedoman penskiran. 
  8. Jurnal, yaitu catatan peserta didik selama berlangsungnya proses pembelajaran. Jurnal berisi deskripsi pembelajaran termasuk kekuatan dan kelemahan peserta didik terkait dengan kinerja atauoun sikap. 
  9. Wawancara, yaitu cara untuk memperoleh informasi secara mendalam yang diberikan secara lisan dan spontan tentang wawasan, pandangan atau aspek keperibadianpesrta didik. 
  10. Inventori, yaitu skla psikologis yang digunakan untuk mengungkap sikap, minat, dan persepsi pesrta didik terhadap objek psikologi ataupun fenomena yang terjadi. 
  11. Penilaian diri, yaitu teknik penilaian yang digunakan agar peserta didik dapat mengemukakan kelebihan dan kekurangan diri dalam berbagai hal. 
  12. Penilaian antarteman. Trknik ini dilakukan dengan meminta peserta didik mengemukakan kelebihan dan kekurangan teman dalam berbagai hal. Penilaian ini dapat pula berupa sosiometri untuk mendapat informasi anak-anak yang favorit dan anak-anak yang terisolasi dalam kelompoknya. 

0 Response to "Teknik Penilaian Menurut BSNP"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel