Masalah Belajar yang di Hadapi Siswa

Belajar merupakan salah satu usaha sadar manusia dalam mendidik dalam upaya meningkatkan kemapuan kemudian diiringi oleh perubahan dan peningkatan kualitas dan kualitas pengetahuan manusia itu sendiri. 

Belajar adalah salah satu aktivitas siswa yang terjadi di dalam lingkungan belajar. Belajar diperoleh melalui lembaga pendidikan formal dan nonformal. 

Biasanya kemampuan siswa dalam belajar seringkali dikaitkan dengan kemampuan intlektualnya. Pengukuran kemampuan intlektual ini ditunjukkan oleh hasilbyes IQ (intelligence Quotient) atau kecerdasan intelektual. Siswa dengan IQ >110 tergolong kedalam siswa dengan kemampuan diatas rata-rata, siswa dengan rentang IQ 90-109 tergolong kedalam rata-rata normal, dan IQ <90 tergolong kedalam rata-rata rendah atau siswa dengan kemapuan rendah.

Masalah_belajar
Masalah belajar adalah suatu keadaan atau kondisi yang dialami oleh siswa sehingga dapat menghambat kelancaran proses belajarnya. Kondisi tertentu ini dapat berkenaan dengan keadaan dirinya yaitu berupa kelemahan-kelemahan yang di milikinya dan dapat juga berkenaan dengan lingkungan yang tidak merugikan dan memberikan dampak buruk bagi dirinya. Masalah-maslah belajar ini tidak hanya dialami oleh siswa dengan kemapuan rendah atau biasa-biasa saja, akan tetapi juga dapat dialami oleh siswa dengan tingkat kecerdasan di atas rata-rata normal atau tinggi. 
Masalah-masalah yang dihadapi siswa saat belajar :
  1. Siswa tidak mampu mencapai tujuan belajar atau hasil belajar sesuai dengan pencapaian teman-teman seusianya yang ada dalam kelas yang sama. 
  2. Siswa yang mengalami keterlambatan akademik. 
  3. Siswa yang secara nyata tidak dapat mencapai kemampuan sendiri. 
  4. Siswa yang sangat lambat dalam belajar. 
  5. Siswa yang kekurangan motivasi dalam belajar. 
  6. Siswa yang bersikap dan memiliki kebiasaan buruk dalam belajar. 
  7. Siswa yang sering tidak mengikuti proses belajar mengajar di kelas
  8. Siswa yang mengalami penyimpangan perilaku (kurangnya tata kerama) dalam hubungan intrsosial. 
Faktor-faktor penyebab masalah belajar dapat berasal dari dalam diri siswa itu sendiri (interen)  maupun dari luar diri siswa (ekstern)

0 Response to "Masalah Belajar yang di Hadapi Siswa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel