Macam-Macam Sumber Belajar

Menurut Jarolimek (1985:80) sumber belajar dapat dikelompokkan menjadi 2 kategori yaitu 1. Materi dan sumber bacaan meliputi buku teks,  ensiklopedia,  buku referensi, internet, majalah, pamflet, surat kabar, kliping, brosur perjalanan, dan beberapa bagian materi yang dicetak/diprint; 2. Materi dan sumber bukan bacaan meliputi gambar, film, rekaman, darmawisata, dan suber masyarakat. 


Materi Bahan Bacaan (Reading Materials) 
  1. Buku Teks : Buku adalah sumber sekaligis media yang paling umum digunakansebagai acuan dalam pembelajaran apa pun.  Buku pelajaran yang layak digunakan biasanya terlebih dahulu diperiksa oleh Depdiknas untuk mendapatkan izin. 
  2. Lembar Kerja Siswa (LKS)  : Lembar kerja siswa adalah bentuk buku latihan atau pekerjaan rumah yang berisi soal-soal sesuai dengan materi pelajaran.  LKS dapat dijadikan sebagai alat evaluasi sekaligus sumber pembelajaran kareana dalam LKS disajikan rangkuman rangkuman materi. Sebagai alat evaluasi, LKS menjadi alat ukur untuk nilai siswa dalam pemahaman materi sehari-hari (nilai harian). 
  3. Ensiklopedia : kegunaan ensiklopedia adalah memberikan kemudahan bagi siswa atau guru untuk mendapatkan informasi mengenai materi atau fakta dari berbagai topik yang diperlukan dalam persiapan mengajar. Idealnya di setiap perpustakaan terdapat satu perangkat ensiklopedia, baik yang berbahasa indonesia maupun inggris. 
  4. Buku Referensi Lain : Selain buku teks, LKS, dan ensiklopedi,  diperlukan pula sejumlah buku bacaan tambahan. Buku-buku ini dapat saja berupa buku teks, tetapi dapat juga buku-buku dengan topik khusus. 
  5. Internet : internet merupakan sumber belajar melalui media elektronik. Ketika guru mengalami kesulitan mendapatkan sumber bahan ajar melalui media cetak, maka guru dapat menggunakan internet untuk menanggulangi kesulitan tersebut. Internet menyediakan berbagai sumber belajar bacaan yang bervariasi. 
  6. Majalah : keberadaan majalah dapat memberikan pengetahuan sekaligus sumber belajar bagi siswa. 
  7. Kliping : keliping merupakan guntingan artikel atau berita yang dimuat di majalah dan koran yang memiliki topik atau informasi yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. 
Demikian yang bisa saya tulis semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan bisa di manfaatkan. 

0 Response to "Macam-Macam Sumber Belajar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel