UJI ZAT CAIR YANG MEMUAI

Dalam kehidupan sehari-hari, mungkin kamu pernah menemukan ban sepeda atau balon yang meletus. padahal tidak tertusuk paku atau benda tajam lainnya. Apakah penyebabnya? Ban berisi udara atau balon dapat pecah ketika cuaca panas. Peristiwa tersebut disebabkan karena balon atau ban tidak mampu menahan udara yang memuai di dalamnya. Apakah semua zat dapat mengalami pemuaian? Bagaimanakah pemuaian pada zat cair? Untuk membuktikannya, lakukanlah percobaan berikut ini! 
  • Alat dan Bahan
  1.  botol kaca 
  2. sedotan minuman 
  3. plastisin 
  4. baskom
  5. air dingin dan air panas
  6. zat pewarna
  7. pengaduk 
  • Langkah Percobaan
  1. Isilah botol kaca dengan air sampai penuh! Masukkanlah zat pewarna ke dalamnya! Aduklah hingga merata dengan batang pengaduk!
  2. Tempatkanlah sedotan di mulut botol menggunakan plastisin
  3. Siapkanlah air panas di dalam baskom, kemudian tempatkanlah botol tersebut di dalam air panas! 
  4. Tunggulah beberapa saat, kemudian amatiiah ujung sedotan minuman tersebut! Apa yang terjadi pada ujung sedotan minuman? 
  • Hasil percobaan
Setelah beberapa saat, air berwarna keluar melalui sedotan. 
  • Penjelasan Hasil Percobaan 
Keluarnya air berwarna melalui sedotan menunjukkan bahwa air di dalam botol mengalami pemuaian. Tahukah kamu kalau air mempunyai sifat yang aneh dibandingkan dengan zat cair lain? Ketika air dipanaskan dari suhu titik bekunya, yaitu 0°C sampai 4°C maka air akan mengalami penyusutan. Namun, ketika dipanaskan di atas suhu 4°C air akan memuai seperti benda-benda lain. Sifat air yang seperti ini dinamakan sifat anomali air

Sumber : ( Seri sains dasar , Mengenal molekul : 8-10 )

0 Response to "UJI ZAT CAIR YANG MEMUAI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel