Skip to main content

Komisi X Akan Dalami Permasalahan Sektor Pendidikan kepada Papua

Komisi X Akan Dalami Permasalahan Sektor Pendidikan kepada Papua

Liputan6.com, Jakarta Pendidikan merupakan kapital dasar pembangunan, karenanya banyak sekali permasalahan kepada sektor pendidikan harus diatasi beserta tepat. Untuk itu pula, pendalaman banyak sekali permasalahan kepada sektor pendidikan akan menjadi galat satu penekanan dari tujuan Komisi X DPR RI dalam Kunjungan Kerja (Kunker) kepada Reses Masa Persidangan V Tahun Sidang 2016-2017 ke Provinsi Papua.

Pada Kunker Komisi X yang akan dipimpin Wakil Ketua Komisi X Ferdiansyah itu, setidaknya ada enam substansi kepada sektor pendidikan dasar menengah yang menjadi penekanan perhatian, yaitu: pertama, terkait Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) serta pendidikan rakyat. Kedua, banyak sekali permasalahan yang dihadapi pendidikan dasar serta menengah termasuk banyak sekali saran serta masukan untuk perbaikan kualitas pendidikan dasar serta menengah kepada Papua.

Ketiga, terkait beserta permasalahan pengajar serta energi kependidikan kepada Papua termasuk permasalahan bagaimana mengatasi kekurangan pengajar serta energi kependidikan kepada Papua. Keempat, permasalahan terkait kurikulum termasuk perkembangan perangkat lunak Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) serta Kurikulum 2013 (K13).

Kelima, permasalahan terkait permasalahan ujian nasional (UN) khususnya terkait implementasi UN serta UN Berbasis Komputer (UNBK) selama tiga tahun kepada Papua. Keenam, permasalahan terkait beserta Kartu Indonesia Pintar (KIP), Bantuan Operasional Sekolah (BOS), BOS Daerah (BOSDA) serta Dana Alokasi Khusus (DAK) Pendidikan kepada Papua. Pada kunker yang akan dilakukan kepada 29 Juli s.d. 2 Agustus 2017 tersebut, Komisi X pula akan meminta masukan untuk perbaikan sistem KIP, BOS serta DAK Pendidikan.

Sementara kepada sektor pendidikan tinggi, Komisi X DPR akan mendalami sejumlah permasalahan antara lain soal dana Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN). BOPTN artinya semacam dana BOS, tapi diperuntukkan bagi PTN. BOPTN telah dilaksanakan sejak 2012. BOPTN dihitung sesuai jumlah mahasiswa.

BOPTN merupakan donasi operasional dari Kemendikbud untuk PTN guna mendorong peningkatan kualitas PTN.
Sejak kebijakan BOPTN diberlakukan, tak akan ada lagi biaya tinggi masuk Perguruan Tinggi Negeri(PTN) terutama bagi mereka para calon mahasiswa baru. Karena itu dalam kunker Komisi X DPR akan mendalami sejumlah permasalahan terkait dana BOPTN, antara lain apakah pencairan dana BOPTN tepat waktu kepada awal semester ataukah ada permasalahan. Selain itu Komisi X pula bermaksud mengetahui berapa % implikasi BPOTN terhadap BKT (biaya kuliah tunggal) serta UKT (uang kuliah tunggal) yang harus ditanggung mahasiswa kepada Papua.

Selain BOPTN, permasalahan lain yang akan didalami Komisi X terkait penyidik tinggi artinya permasalahan terkait beserta kebijakan Kemenristekdikti tentang Bidikmisi (Bantuan Pendidikan Miskin Berprestasi), PPA (Peningkatan Prestasi Akademik), Adik (Afirmasi Pendidikan Tinggi) serta beasiswa lainnya. Pencairan beasiswa tepat waktu menjadi perhatian pokok dari Komisi X selain tingkat keberhasilan capaian program.

(*)

Comments

Popular posts from this blog

Fungsi dan Manfaat Penilaian Autentik

Pengertian Penilaian Autentik
Terdapat dua istilah lain yang erat kaitannya dengan pengertian penilaian, yakni pengukuran dan evaluasi. Ketiga istilah tersebut sering kali dipergunakan secara bertukar pakai, sehingga penggunaannya sering menimbulkan kekacauan pengertian. Pengukuran adalah proses menerapkan alat ukur terhadap sesuatu objek, bisa barang ataupun gejala menurut aturan-aturan tertentu. Pengukuran (measurement)  dalam pendidikan menggunakan alat ukur berupa tes ataupun nontes.  Pengertian dan Karakteristik Penilaian Autentik Penilaian Autentik merupakan salah satu pilar dalam pembelajaran kontekstual. Johnson (2002:165) mengemukakan bahwa penilaian autentik memberikan kesempatan bagi siswa untuk menunjukkan apa yang telah mereka pelajari selama proses belajar mengajar, penilaian autentik adalah suatu penilaian belajar yang merujuk pada situasi atau konteks "dunia nyata", yang memerlukan berbagai macam pendekatan untuk memecahkan masalah yang memberikan kemungkinan …

PENDIDIKAN INDONESIA, TUJUAN DAN UNSUR BELAJAR

Unsur-unsur belajar adalah faktor-faktor yang menjadi indikator keberlangsungan proses belajar. Setiap ahli pendidikan sesuai dengan aliran teori belajar yang dianutnya memberikan aksentuasi sendiri tentang hal-hal apa yang penting dipahami dan dilakukan agar belajar benar-benar belajar. Cronbach sebagai penganut aliIan 
behaviorisme (1954:49-50) menyatakan dalam Sukmadinata (2004:157) adanya tujuh unsur utama dalam proses belajar, yang meliputi: 
Tujuan. Belajar dimulai karena adanya suatu tujuan yang ingin dicapai. Tujuan ini muncul karena adanya sesuatu kebutuhan. Perbuatan belajar atau pengalaman belajar akan efektif bila diarahkan kepada tujuan yang jelas dan bermakna bagi individu. 
Kesiapan. Agar mampu melaksanakan perbuatan belajar dengan baik, anak perlu memiliki kesiapan, baik kesiapan fisik, psikis, maupun kesiapan yang berupa kematangan untuk melakukan sesuatu yang terkait dengan pengalaman belajar.

Situasi. Kegiatan belajar berlangsung dalam situasi belajar. Adapun yang …

FUNGSI DAN BAGIAN BAGIAN LAMBUNG

Bagian Lambung merupakan salah satu bagian dalam sistem pencernaan manusia. Di dalam lambung, makanan yang masuk akan dicerna menjadi bentuk bubur dan sebagian kecil akan diserap di lambung. Lambung manusia dapat menampung sekitar 1,5 liter makanan. Bentuk lambung menyerupai seperti kantong dan memiliki dinding yang tebal. Lambung dapat mengembang dan mengempis, tergantung pada ada atau tidaknya makanan yang masuk. 

Berikut adalah beberapa bagian-bagian lambung :  Kardiak – Kardiak adalah tempat pertama dari lambung, letaknya berada di bawah setelah kerongkongan. Tempat ini adalah tempat pertama masuknya makanan setelah dari kerongkongan. Kardiak merupakan bagian atas dari lambung. Fundus – Fundus merupakan bagian tengah dari lambung. Pada bagian ini makanan akan tersimpan selama kurang lebih 1 stick. Di dalam fundus, gas-gas akan terakumulasi ketika expositions pencernaan kimia terjadi di dalam lambung. Korpus – Korpus merupakan wilayah pusat dari organ lambung. Di bagian korpuslah ex…