Skip to main content

Kemenristekdikti Luncurkan Prodi Pendidikan Profesi Puru 2017

Kemenristekdikti Luncurkan Prodi Pendidikan Profesi Guru 2017

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Riset Teknologi & Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) akan membuka Program studi pendidikan profesi guru (PPG) tahun 2017. Hal ini buat menaikkan mutu guru & pendidikan di Indonesia, dan menyesuaikan pendidikan profesi yg sejalan bareng Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 perihal Guru & Dosen.

"Peluncuran prodi ini buat mendukung terbentuknya energi pengajar yg kompeten. Selain itu selama ini PPG masih belum sejalan UU tadi, & maupun sebelumnya pihaknya maupun telah membuka pendidikan profesi insinyur," ungkap Direktur Jenderal Kelembagaan Iptek & Dikti, Patdono Suwignjo di Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya, Sabtu (15/4/2017).

Ia menawarkan, pendidikan profesi sinkron amanat undang-undang harus melibatkan organisasi profesi. Namun selama ini PPG nir melibatkan organisasi profesi. Hanya instansi tertentu yg ditunjuk sebagai penyelenggaranya.

"Prodi ini bisa dibuka seluruh institusi perguruan tinggi. Syaratnya harus terakreditasi lembaga & prodi S1-nya. Bisa akreditasi A atau B, kalau C ya nir bisa," ungkapnya.

Atas keberadaan prodi ini, Kemenristekdikti maupun akan menghapuskan kondisi peserta PPG yg harus mengikuti acara Sarjana Mendidik di kawasan 3T (SM3T). Karena  menurutnya PPG bisa dibuka seluruh perguruan tinggi, baik di Jawa atau di luar Jawa.

"Tujuan SM3T dilaksanakan buat melatih calon guru di wilayah. Karena sebetulnya proses pendidikannya ituu nir di wilayah. Namun, buat mendaftar prodi PPG ini maupun nir diharuskan fresh graduated, melainkan guru yg belum sempat mengikuti PPG maupun diperkenankan," Patdono mengungkapkan.

Selain itu buat kuota Prodi PPG tiap perguruan tinggi pihaknya maupun telah menentukannya karena menyesuaikan  kebutuhan guru asal Dirjen guru & Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan & Kebudayaan (Kemendikbud). Hasil perhitungan kebutuhan guru sinkron jenjang & jenis pelajarannya ini akan memilih kuota setiap prodi.

"Tahun pertama masih bisa diberi pemberian  misalnya acara PPG yg timbul ketika ini. Kalau kuotanya akan diadaptasi bareng kualitas institusi. Kalau kampusnya cantik aporisma kuotanya 250, kalau kampusnya biasa ya 50 dulu," ungkapnya.

Patdono menambahkan, Prodi PPG ini akan dibuka bareng acara pembelajaran selama 1 tahun, sama halya bareng PPG yg selama ini dilaksanakan di sejumlah perguruan tinggi yg ditunjuk pemerintah. Prodi ini akan menawarkan tambahan kompetensi calon guru kepada mengajar, sama halnya keprofesian insinyur, dokter, & lainnya.

Sementara itu, Wakil Rektor III UM Surabaya Aziz Alimul Hidayat menyambut kebijakan tersbut bareng antusias. Karena menurutnya akan bisa menambah peluang ketika UM Surabaya akan membuka prodi PPG ini.

"Apalagi nir seluruh mahasiswa selama ini bisa mengikuti SM3T sebagai kondisi PPG. Kami dulunya IKIP, jadi poly lulusan kependidikan guru. Setiap tahunnya timbul 200 lulusan asal enam prodi di Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan. Peluang membuka prodi pastinya bisa lebih memberi kesempatan lulusan S1 pendidikan guru kami," ungkap Aziz.

Comments

Popular posts from this blog

Fungsi dan Manfaat Penilaian Autentik

Pengertian Penilaian Autentik
Terdapat dua istilah lain yang erat kaitannya dengan pengertian penilaian, yakni pengukuran dan evaluasi. Ketiga istilah tersebut sering kali dipergunakan secara bertukar pakai, sehingga penggunaannya sering menimbulkan kekacauan pengertian. Pengukuran adalah proses menerapkan alat ukur terhadap sesuatu objek, bisa barang ataupun gejala menurut aturan-aturan tertentu. Pengukuran (measurement)  dalam pendidikan menggunakan alat ukur berupa tes ataupun nontes.  Pengertian dan Karakteristik Penilaian Autentik Penilaian Autentik merupakan salah satu pilar dalam pembelajaran kontekstual. Johnson (2002:165) mengemukakan bahwa penilaian autentik memberikan kesempatan bagi siswa untuk menunjukkan apa yang telah mereka pelajari selama proses belajar mengajar, penilaian autentik adalah suatu penilaian belajar yang merujuk pada situasi atau konteks "dunia nyata", yang memerlukan berbagai macam pendekatan untuk memecahkan masalah yang memberikan kemungkinan …

PENDIDIKAN INDONESIA, TUJUAN DAN UNSUR BELAJAR

Unsur-unsur belajar adalah faktor-faktor yang menjadi indikator keberlangsungan proses belajar. Setiap ahli pendidikan sesuai dengan aliran teori belajar yang dianutnya memberikan aksentuasi sendiri tentang hal-hal apa yang penting dipahami dan dilakukan agar belajar benar-benar belajar. Cronbach sebagai penganut aliIan 
behaviorisme (1954:49-50) menyatakan dalam Sukmadinata (2004:157) adanya tujuh unsur utama dalam proses belajar, yang meliputi: 
Tujuan. Belajar dimulai karena adanya suatu tujuan yang ingin dicapai. Tujuan ini muncul karena adanya sesuatu kebutuhan. Perbuatan belajar atau pengalaman belajar akan efektif bila diarahkan kepada tujuan yang jelas dan bermakna bagi individu. 
Kesiapan. Agar mampu melaksanakan perbuatan belajar dengan baik, anak perlu memiliki kesiapan, baik kesiapan fisik, psikis, maupun kesiapan yang berupa kematangan untuk melakukan sesuatu yang terkait dengan pengalaman belajar.

Situasi. Kegiatan belajar berlangsung dalam situasi belajar. Adapun yang …

FUNGSI DAN BAGIAN BAGIAN LAMBUNG

Bagian Lambung merupakan salah satu bagian dalam sistem pencernaan manusia. Di dalam lambung, makanan yang masuk akan dicerna menjadi bentuk bubur dan sebagian kecil akan diserap di lambung. Lambung manusia dapat menampung sekitar 1,5 liter makanan. Bentuk lambung menyerupai seperti kantong dan memiliki dinding yang tebal. Lambung dapat mengembang dan mengempis, tergantung pada ada atau tidaknya makanan yang masuk. 

Berikut adalah beberapa bagian-bagian lambung :  Kardiak – Kardiak adalah tempat pertama dari lambung, letaknya berada di bawah setelah kerongkongan. Tempat ini adalah tempat pertama masuknya makanan setelah dari kerongkongan. Kardiak merupakan bagian atas dari lambung. Fundus – Fundus merupakan bagian tengah dari lambung. Pada bagian ini makanan akan tersimpan selama kurang lebih 1 stick. Di dalam fundus, gas-gas akan terakumulasi ketika expositions pencernaan kimia terjadi di dalam lambung. Korpus – Korpus merupakan wilayah pusat dari organ lambung. Di bagian korpuslah ex…