Skip to main content

Jokowi SMK wajib lebih poly praktiknya

Jokowi SMK harus lebih poly praktiknya

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi adanya upaya sektor industri preman buat turut membuatkan sektor pendidikan Indonesia, khususnya kerjasama yg dilakukan bareng pihak sekolah.

BERITA TERKAIT
Menteri Susi kemungkinan jadi Cawapres Jokowi: Itu mimpi kepada siang bolong
Sempat panas, kartunis yg sindir Jokowi akhirnya sujud minta maaf
Buka komunikasi bareng Demokrat, PDIP akui lirik AHY jadi kandidat Cawapres Jokowi

Hal itu diungkapkan orang nomor satu kepada Indonesia ini waktu meninjau Laboratorium Ritel yg dihibahkan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart Alfamidi) buat dikelola pihak sekolah SMKN 1 Tempel, Sleman, Yogyakarta, Sabtu (4/1).

"Saya kira ini Alfamart Class indah. Kita memang butuh acara akbar buat merombak acara kejuruan kita. Hal mirip itu yg kita inginkan. Kita berafiliasi bareng industri preman mirip ini jadi bisa dilakukan training. Mulai berasal penataan barang, melayani konsumen & cara memasarkan produk," pungkasnya usai berbincang bareng Menteri Pendidikan & Kebudayaan, Muhadjir Effendy & Corporate Affair Director Alfamart, Solihin.

Selain meninjau laboratorium ritel Alfamart Class tadi, kedatangan presiden ini juga dalam rangka membagikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada ribuan peserta didik kepada Yogyakarta.

Solihin mendukung pernyataan Presiden Jokowi bahwa peran preman dibutuhkan buat menyiapkan kemampuan SDM generasi belia bangsa khususnya kepada bidang pendidikan. Ia menambahkan, sebagai perusahaan ritel yg hadir kepada tengah rakyat, PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk selalu menjalankan acara tanggung jawab sosial berkelanjutan, galat satunya melalui acara pendidikan ritel bagi peserta didik SMK, Alfamart Class.

Program yg sudah berjalan semenjak 2011 ini diharapkan bisa membuat lulusan SMK yg memiliki daya saing tinggi, terampil, & siap bekerja kepada lingkungan perusahaan. Khususnya kepada industri ritel, bareng aneka macam kompetensi yg sudah dimiliki, kentara Solihin.

Melalui acara tadi, tambahnya, Alfamart bekerja sama bareng SMK yg memiliki jurusan urusan ekonomi atau manajemen pemasaran. Perusahaan kemudian melakukan sinkronisasi kurikulum pendidikan ritel, menyampaikan training kepada energi guru & peserta didik. Selain itu, perusahaan juga menghibahkan Laboratorium Ritel sebagai media praktik belajar peserta didik kepada sekolah.

Solihin mengatakan, hingga akhir 2016, sudah timbul sebesar 144 Alfamart Class kepada 67 kawasan Indonesia. "Ini galat satu upaya perusahaan dalam membuat keselarasan acara pendidikan bareng kebutuhan industri ritel melalui transfer knowledge & praktik pembelajaran yg komprehensif. Apalagi kebutuhan energi kerja kepada industri ritel terbilang akbar. Setiap tahunnya, Alfamart poly mendapat lulusan berasal jenjang pendidikan SMA/SMK, papar Solihin.

Sementara itu, Menteri Pendidikan & Kebudayaan, Muhadjir Effendy mengatakan, acara Alfamart Class ini sebagai model bahwa pendidikan kepada SMK saat ini membutuhkan lebih poly praktik pribadi.

"Ini misalnya. Bagus kalau pribadi dimasukkan ke kurikulum. Jadi pendidikan nantinya sebagian akbar akan praktik pribadi. Sedikit teori. Kerjasama kepada global usaha akan kita perbanyak," pungkasnya.

Mereka yg mengikuti acara Alfamart Class bisa pribadi bekerja kepada Alfamart. Selain itu, berbekal pengetahuan & pengalaman yg diperoleh, lulusan Alfamart Class juga bisa membuka usaha ritel secara mandiri.

Kepala SMKN 1 Tempel, Sleman, Nunung Sulastri, menyambut baik kerjasama acara Alfamart Class ini. Menurutnya, sinkronisasi kurikulum pendidikan kepada jenjang SMK bareng kompetensi yg dibutuhkan industri sangat diharapkan. Para peserta didik acara ini dibekali bareng aneka macam kompetensi mirip pengetahuan produk, transaksi & administrasi penjualan, ketersediaan produk, mekanisme kerja, kerjasama tim hingga pelayanan pelanggan. [hrs]

Comments

Popular posts from this blog

Fungsi dan Manfaat Penilaian Autentik

Pengertian Penilaian Autentik
Terdapat dua istilah lain yang erat kaitannya dengan pengertian penilaian, yakni pengukuran dan evaluasi. Ketiga istilah tersebut sering kali dipergunakan secara bertukar pakai, sehingga penggunaannya sering menimbulkan kekacauan pengertian. Pengukuran adalah proses menerapkan alat ukur terhadap sesuatu objek, bisa barang ataupun gejala menurut aturan-aturan tertentu. Pengukuran (measurement)  dalam pendidikan menggunakan alat ukur berupa tes ataupun nontes.  Pengertian dan Karakteristik Penilaian Autentik Penilaian Autentik merupakan salah satu pilar dalam pembelajaran kontekstual. Johnson (2002:165) mengemukakan bahwa penilaian autentik memberikan kesempatan bagi siswa untuk menunjukkan apa yang telah mereka pelajari selama proses belajar mengajar, penilaian autentik adalah suatu penilaian belajar yang merujuk pada situasi atau konteks "dunia nyata", yang memerlukan berbagai macam pendekatan untuk memecahkan masalah yang memberikan kemungkinan …

PENDIDIKAN INDONESIA, TUJUAN DAN UNSUR BELAJAR

Unsur-unsur belajar adalah faktor-faktor yang menjadi indikator keberlangsungan proses belajar. Setiap ahli pendidikan sesuai dengan aliran teori belajar yang dianutnya memberikan aksentuasi sendiri tentang hal-hal apa yang penting dipahami dan dilakukan agar belajar benar-benar belajar. Cronbach sebagai penganut aliIan 
behaviorisme (1954:49-50) menyatakan dalam Sukmadinata (2004:157) adanya tujuh unsur utama dalam proses belajar, yang meliputi: 
Tujuan. Belajar dimulai karena adanya suatu tujuan yang ingin dicapai. Tujuan ini muncul karena adanya sesuatu kebutuhan. Perbuatan belajar atau pengalaman belajar akan efektif bila diarahkan kepada tujuan yang jelas dan bermakna bagi individu. 
Kesiapan. Agar mampu melaksanakan perbuatan belajar dengan baik, anak perlu memiliki kesiapan, baik kesiapan fisik, psikis, maupun kesiapan yang berupa kematangan untuk melakukan sesuatu yang terkait dengan pengalaman belajar.

Situasi. Kegiatan belajar berlangsung dalam situasi belajar. Adapun yang …

FUNGSI DAN BAGIAN BAGIAN LAMBUNG

Bagian Lambung merupakan salah satu bagian dalam sistem pencernaan manusia. Di dalam lambung, makanan yang masuk akan dicerna menjadi bentuk bubur dan sebagian kecil akan diserap di lambung. Lambung manusia dapat menampung sekitar 1,5 liter makanan. Bentuk lambung menyerupai seperti kantong dan memiliki dinding yang tebal. Lambung dapat mengembang dan mengempis, tergantung pada ada atau tidaknya makanan yang masuk. 

Berikut adalah beberapa bagian-bagian lambung :  Kardiak – Kardiak adalah tempat pertama dari lambung, letaknya berada di bawah setelah kerongkongan. Tempat ini adalah tempat pertama masuknya makanan setelah dari kerongkongan. Kardiak merupakan bagian atas dari lambung. Fundus – Fundus merupakan bagian tengah dari lambung. Pada bagian ini makanan akan tersimpan selama kurang lebih 1 stick. Di dalam fundus, gas-gas akan terakumulasi ketika expositions pencernaan kimia terjadi di dalam lambung. Korpus – Korpus merupakan wilayah pusat dari organ lambung. Di bagian korpuslah ex…