Skip to main content

Jokowi Luncurkan Program Pendidikan Vokasi Industri

Jokowi Luncurkan Program Pendidikan Vokasi Industri

Liputan6.com, Cikarang - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) pulang meluncurkan acara vokasi yg link and match antara sekolah menengah kejuruan (SMK) beserta industri. Program Pendidikan Vokasi Industri ini bertujuan menciptakan tenaga kerja terampil dan menaikkan kinerja sektor industri dalam negeri.

Kali ini, acara vokasi tadi diluncurkan secara langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi) di PT Astra Otoparts Tbk, Kawasan Greenland Internasional Industrial Center (GIIC), Cikarang, Jawa Barat.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyatakan, Provinsi Jawa Barat menjadi pilihan termin ketiga, setelah acara ini sukses digelar di Jawa Timur dan Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

Kami tengah penekanan menyiapkan ketersediaan asal daya insan (SDM) lokal yg kompeten karena menjadi sebuah prasyarat buat mendorong peningkatan produktivitas industri nasional, ujar dia dalam Peluncuran Program Pendidikan Vokasi Industri di Cikarang, Jawa Barat, Jumat (28/7/2017).

Airlangga menyebutkan, software acara vokasi industri didasarkan dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 Tahun 2016 ihwal Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan.

Dalam Inpres ini, Kemenperin menerima tugas antara lain buat menaikkan kolaborasi beserta global perjuangan, menyampaikan akses yg lebih luas bagi peserta didik SMK dalam melakukan praktik kerja lapangan, dan acara pemagangan industri bagi pengajar.

Untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja industri yg semakin semakin tinggi, perlu diantisipasi beserta pengembangan pendidikan vokasi yg berorientasi dalam kebutuhan pasar kerja atau demand driven, ungkap dia.

Pada termin I dan II, Kemenperin sudah melibatkan 167 industri dan 626 SMK buat daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Sementara itu, buat daerah Jawa Barat, Kemenperin menggandeng 141 industri dan 393 SMK beserta dilakukan penandatanganan mencapai 800 perjanjian kolaborasi.

Selanjutnya, acara ini secara sedikit demi sedikit akan dilanjutkan di daerah DKI Jakarta, Banten, dan Sumatera. Jumlah perjanjian kolaborasi itu, karena sebagian SMK dibina sang lebih asal satu perusahaan, menurut beserta acara keahlian yg dimiliki, celoteh Airlangga.

Sebagai bentuk komitmen industri mendukung pelatihan dan pengembangan SMK, dalam kesempatan peluncuran acara link and match ini dilakukan maupun anugerahbantuan (hibah) alat-alat praktik kepada SMK asal beberapa perusahaan, antara lain 1 mesin CNC Bubut, 10 engine Daihatsu Xenia, 10 transmisi, 20 unit sepeda motor Honda, 20 unit special tools, dan 66 engine Toyota Innova.

Perusahaan pemberi hibah alat-alat praktik tadi antara lain PT Astra Honda Motor, PT Astra Daihatsu Motor, PT Suzuki Indomobil Motor, PT Toyota Motor Manufacturing, PT Yamaha Indonesia Motor, PT Komatsu Indonesia, PT Gisma Cipta Sukses, PT Astra Otoparts, PT Hino Motor Manufacturing, PT Sango Indonesia, PT Mayora, dan PT Loreal Indonesia.

Turut hadir jua dalam Peluncuran Program Vokasi Industri Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Presiden Direktur Astra International Prijono Sugiarto, dan Presiden Direktur Astra Otoparts Hamdhani Dzulkarnaen.

Tonton video menarik ini dia:

Comments

Popular posts from this blog

Fungsi dan Manfaat Penilaian Autentik

Pengertian Penilaian Autentik
Terdapat dua istilah lain yang erat kaitannya dengan pengertian penilaian, yakni pengukuran dan evaluasi. Ketiga istilah tersebut sering kali dipergunakan secara bertukar pakai, sehingga penggunaannya sering menimbulkan kekacauan pengertian. Pengukuran adalah proses menerapkan alat ukur terhadap sesuatu objek, bisa barang ataupun gejala menurut aturan-aturan tertentu. Pengukuran (measurement)  dalam pendidikan menggunakan alat ukur berupa tes ataupun nontes.  Pengertian dan Karakteristik Penilaian Autentik Penilaian Autentik merupakan salah satu pilar dalam pembelajaran kontekstual. Johnson (2002:165) mengemukakan bahwa penilaian autentik memberikan kesempatan bagi siswa untuk menunjukkan apa yang telah mereka pelajari selama proses belajar mengajar, penilaian autentik adalah suatu penilaian belajar yang merujuk pada situasi atau konteks "dunia nyata", yang memerlukan berbagai macam pendekatan untuk memecahkan masalah yang memberikan kemungkinan …

PENDIDIKAN INDONESIA, TUJUAN DAN UNSUR BELAJAR

Unsur-unsur belajar adalah faktor-faktor yang menjadi indikator keberlangsungan proses belajar. Setiap ahli pendidikan sesuai dengan aliran teori belajar yang dianutnya memberikan aksentuasi sendiri tentang hal-hal apa yang penting dipahami dan dilakukan agar belajar benar-benar belajar. Cronbach sebagai penganut aliIan 
behaviorisme (1954:49-50) menyatakan dalam Sukmadinata (2004:157) adanya tujuh unsur utama dalam proses belajar, yang meliputi: 
Tujuan. Belajar dimulai karena adanya suatu tujuan yang ingin dicapai. Tujuan ini muncul karena adanya sesuatu kebutuhan. Perbuatan belajar atau pengalaman belajar akan efektif bila diarahkan kepada tujuan yang jelas dan bermakna bagi individu. 
Kesiapan. Agar mampu melaksanakan perbuatan belajar dengan baik, anak perlu memiliki kesiapan, baik kesiapan fisik, psikis, maupun kesiapan yang berupa kematangan untuk melakukan sesuatu yang terkait dengan pengalaman belajar.

Situasi. Kegiatan belajar berlangsung dalam situasi belajar. Adapun yang …

FUNGSI DAN BAGIAN BAGIAN LAMBUNG

Bagian Lambung merupakan salah satu bagian dalam sistem pencernaan manusia. Di dalam lambung, makanan yang masuk akan dicerna menjadi bentuk bubur dan sebagian kecil akan diserap di lambung. Lambung manusia dapat menampung sekitar 1,5 liter makanan. Bentuk lambung menyerupai seperti kantong dan memiliki dinding yang tebal. Lambung dapat mengembang dan mengempis, tergantung pada ada atau tidaknya makanan yang masuk. 

Berikut adalah beberapa bagian-bagian lambung :  Kardiak – Kardiak adalah tempat pertama dari lambung, letaknya berada di bawah setelah kerongkongan. Tempat ini adalah tempat pertama masuknya makanan setelah dari kerongkongan. Kardiak merupakan bagian atas dari lambung. Fundus – Fundus merupakan bagian tengah dari lambung. Pada bagian ini makanan akan tersimpan selama kurang lebih 1 stick. Di dalam fundus, gas-gas akan terakumulasi ketika expositions pencernaan kimia terjadi di dalam lambung. Korpus – Korpus merupakan wilayah pusat dari organ lambung. Di bagian korpuslah ex…