Skip to main content

KITAB KITAB HIKMAH (Hagiograh)

Hagiograii yaitu kumpulan kitab yang didominasi oleh unsur-unsur sastra, syair, dan prosa. Sebagian di antaranya memuat kisah dan hikmah dari beberapa generasi. Sebagian lainnya memuat bahasan tentang politik, sosial, dan keagamaan Yahudi. Sebagian besar di antaranya memuji kepahlawanan mereka dalam memperoleh kemerdekaan, atau dengan kata lain mereka berhasil kembali ke Palestina setelah Pengasingan Babylonia oleh kekaisaran Persia.


Susunan kitab ini sesuai dengan penulisannya di dalam kitab Perjanjian Lama sebagaimana berikut. 
  1. Kitab Mazmur Dawud (Zabur).
  2. Kitab Amsal Sulaiman. 
  3. Kitab Ayub. Ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa naskah aslinya berbahasa Arab.
  4. Kitab Kidung Agung. Awalnya adalah paduan suara yang berisi folklor (cerita rakyat) Yahudi, khusus berkaitan dengan pesta pernikahan.
  5. Kitab Rut, cerita tentang kepahlawananpada masa para hakim. 
  6. Kitab Ratapan, kumpulan nyanyian yang dinisbahkan kepada (nabi) Yeremia, yang menangisi kehancuran Yerusalem.
  7. Kitab Pengkhotbah (Qoheleth), sebutan bagi salah seorang putra Sulaiman, dan merupakan ungkapan bernuansa filsafat.
  8. Kitab Ester, diambil dari nama nabi wanita yang mendapat janji dari Kekaisaran Persia untuk memberangus semua musuhmusuh Yahudi di kerajaannya. 
  9. Kitab Daniel, mencakup cerita-cerita petualangan Nabi Daniel dan kekeramatannya semasa pemerintahan Nebukadnezar. 
  10. Kitab Ezra, yang kepadanya dinisbahkan sejumlah naskah Perjanjian Lama. Oleh karena itu, Ezra disebut sebagai penulis. Tetapi, kepopulerannya terlihat saat dia memimpin orang-orang Yahudi kembali dari Pengasingan Babylonia untuk mendirikan negara zionis di Palestina, yang dibantu Zorobabel.
  11. Kitab Nehemia, nabi yang bergabung dengan zionisme Ezra. Dua belas tahun setelah Ezra, dia datang ke Palestina untuk mendirikan tembok Yerusalem serta membangun kembali kuil Sulaiman. Kitab Nehemia ini terdiri dari beberapa maklumat penting tentang sistem militer Manuskrip tembaga dari gulungan Laut Mati yang ini di Museum Yordania. untuk mempertahankan dan melindungi kaum Yahudi, juga sistem politik di beberapa wilayah di sekitar Palestina pada masa itu. 
  12. Kitab Tawarikh, ringkasan dari berbagai peristiwa sejarah yang disebutkan di dalam Alkitab dari sejak penciptaan sampai kembalinya orang-orang Yahudi dari Pengasingan Babylonia pada masa Koresy. Kitab ini terdiri 26 pasal. Kitab-kitab ini sebagian besar merujuk kepada folklor (cerita rakyat) yang sangat populer di kalangan Yahudi. Namun, penelitian ilmiah menemukan banyak kendala ketika hendak menyelaraskan informasi dalam kitab-kitab ini dengan nama-nama nabi yang menjadi penisbahannya; atau, ketika menggunakan asumsi sejarah bagi kemunculan dan penyebarluasannya. 
Sumber : Atlas Agma-agama ( Sami bin Abdullah al-Maghlouth : 29-30 )

Comments

Popular posts from this blog

Fungsi dan Manfaat Penilaian Autentik

Pengertian Penilaian Autentik
Terdapat dua istilah lain yang erat kaitannya dengan pengertian penilaian, yakni pengukuran dan evaluasi. Ketiga istilah tersebut sering kali dipergunakan secara bertukar pakai, sehingga penggunaannya sering menimbulkan kekacauan pengertian. Pengukuran adalah proses menerapkan alat ukur terhadap sesuatu objek, bisa barang ataupun gejala menurut aturan-aturan tertentu. Pengukuran (measurement)  dalam pendidikan menggunakan alat ukur berupa tes ataupun nontes.  Pengertian dan Karakteristik Penilaian Autentik Penilaian Autentik merupakan salah satu pilar dalam pembelajaran kontekstual. Johnson (2002:165) mengemukakan bahwa penilaian autentik memberikan kesempatan bagi siswa untuk menunjukkan apa yang telah mereka pelajari selama proses belajar mengajar, penilaian autentik adalah suatu penilaian belajar yang merujuk pada situasi atau konteks "dunia nyata", yang memerlukan berbagai macam pendekatan untuk memecahkan masalah yang memberikan kemungkinan …

PENDIDIKAN INDONESIA, TUJUAN DAN UNSUR BELAJAR

Unsur-unsur belajar adalah faktor-faktor yang menjadi indikator keberlangsungan proses belajar. Setiap ahli pendidikan sesuai dengan aliran teori belajar yang dianutnya memberikan aksentuasi sendiri tentang hal-hal apa yang penting dipahami dan dilakukan agar belajar benar-benar belajar. Cronbach sebagai penganut aliIan 
behaviorisme (1954:49-50) menyatakan dalam Sukmadinata (2004:157) adanya tujuh unsur utama dalam proses belajar, yang meliputi: 
Tujuan. Belajar dimulai karena adanya suatu tujuan yang ingin dicapai. Tujuan ini muncul karena adanya sesuatu kebutuhan. Perbuatan belajar atau pengalaman belajar akan efektif bila diarahkan kepada tujuan yang jelas dan bermakna bagi individu. 
Kesiapan. Agar mampu melaksanakan perbuatan belajar dengan baik, anak perlu memiliki kesiapan, baik kesiapan fisik, psikis, maupun kesiapan yang berupa kematangan untuk melakukan sesuatu yang terkait dengan pengalaman belajar.

Situasi. Kegiatan belajar berlangsung dalam situasi belajar. Adapun yang …

FUNGSI DAN BAGIAN BAGIAN LAMBUNG

Bagian Lambung merupakan salah satu bagian dalam sistem pencernaan manusia. Di dalam lambung, makanan yang masuk akan dicerna menjadi bentuk bubur dan sebagian kecil akan diserap di lambung. Lambung manusia dapat menampung sekitar 1,5 liter makanan. Bentuk lambung menyerupai seperti kantong dan memiliki dinding yang tebal. Lambung dapat mengembang dan mengempis, tergantung pada ada atau tidaknya makanan yang masuk. 

Berikut adalah beberapa bagian-bagian lambung :  Kardiak – Kardiak adalah tempat pertama dari lambung, letaknya berada di bawah setelah kerongkongan. Tempat ini adalah tempat pertama masuknya makanan setelah dari kerongkongan. Kardiak merupakan bagian atas dari lambung. Fundus – Fundus merupakan bagian tengah dari lambung. Pada bagian ini makanan akan tersimpan selama kurang lebih 1 stick. Di dalam fundus, gas-gas akan terakumulasi ketika expositions pencernaan kimia terjadi di dalam lambung. Korpus – Korpus merupakan wilayah pusat dari organ lambung. Di bagian korpuslah ex…